Thursday, December 5, 2013

Kata Sifat I (い) dan Na (な)

Kata Sifat dalam bahasa Jepang dibagi menjadi 2, yaitu kata sifat i(い) dan kata sifat na(な). Perbedaan kata sifat i(い) dan kata sifat na(な) adalah hiragana akhiran dari kata sifat tersebut, sebagai contoh yasui (murah) karena berakhir dengan hiragana i(い) maka yasui adalah kata sifat i(い). Namun terdapat beberapa pengecualian seperti kirei (bersih,cantik). Kata sifat lain yang tidak berakhiran dengan i(い) maka masuk ke golongan kata sifat na(な).


1.Kata sifat na(な).
Kata sifat na(な) disebut Kata sifat na(な) dikarenakan kata sifat ini harus ditambah partikel na jika ingin digabung dengan kata benda. Sebagai contoh kata sifat yuumei (terkenal) jika ingin digabung dengan tokoro (tempat) harus ditambah hiragana na di tengahnya menjadi yuuumei na tokoro (有名な所).


2.Kata sifat i(い).
untuk kata sifat i penggabungan dengan kata benda tidak memerlukan tambahan hiragana apapun. Sebagai contoh kata sifat oishii (enak,lezat) dapat langsung digabung dengan kata benda ryouri (makanan) menjadi oishii ryouri(おいしい料理). 

Berikut beberapa contoh kata sifat na(な) :

綺麗な  (きれい)   = Cantik
好きな  (すきな)   = Suka
賑やかな (にぎやかな)= Ramai
残酷な  (ざんこく) = Kejam
元気な  (げんきな) = Sehat
暇な   (ひまな)     = Senggang
簡単な  (かんたんな)   = Mudah
伝統的な (でんとうてきな)= Sederhana
親切な  (しんせつな)= Sopan
有名な   (ゆうめいな)= Terkenal
怠惰な   (たいだな) = Malas
便利な   (べんりな)  = Praktis

Berikut beberapa contoh kata sifat i(い) :

大きい (おおきい) = Besar
早い  (はやい)   = Cepat
古い  (ふるい)   = Lama
高い  (たかい)   = Tinggi / Mahal
低い  (ひくい)   = Rendah
寒い  (さむい)   = Dingin ( Cuaca )
暑い  (あつい)   = Panas ( Cuaca )
長い  (ながい)   = Panjang
新しい (あたらしい)= Baru
暗い   (くらい)   = Gelap
明るい (あかるい)  = Terang
涼しい (すずしい) = Sejuk

Kata-kata sifat lainnya bisa anda cari sendiri dan bisa anda coba gabungkan dengan kata benda yang anda ketahui sebagai bentuk latihan. Jika kurang jelas dan ada yang ingin ditanyakan silahkan comment dibawah. atau hubungi admin kami ,Terima kasih.


No comments:

Post a Comment