Saturday, December 7, 2013

Partikel Part II

Di bagian partikel part I sudah disinggung-singgung partikel o (を) serta partikel ni (に), maka dari itu bagian  part II ini akan menjelaskan lebih lanjut kedua partikel tersebut. Untuk yang sudah baca bagian partikel part I ayo diingat-ingat lagi apa isinya.


A.Partikel o (を).
: Partikel o ini biasanya menunjukkan object namun kata object disini bukanlah object yang        dapat berdiri sendiri. 
      
 Objek ++ predikat aktif.
 Contoh :1.りんご食べます
                   Saya makan apel.
                2.毎日私音楽聞きます。
                   Setiap hari saya mendengarkan musik.
                3.もうい昼ご飯食べました。(partikel ka/かmenunjukkan bentuk pertanyaan)
                  Apakah kamu sudah makan siang ?.

Partikel yang menunjukan gerakan melalui, mengelilingi
Contoh : 1.これから家出ます。
                  Setelah ini saya mau keluar ( dari ) rumah.
                2. 休日に森散歩します
                  Di hari libur saya berjalan di hutan.
                3. その角曲がってください
                 Tolong belok  ( di ) tikungan itu.

B.Partikel ni (に) .
    Partikel に ( dalam )
    Contoh : 1. 1日2回シャワーを浴びます
                     Saya mandi 2 kali dalam 1 hari.
                   2. 1か月一回映画を見ます。
                    Saya menonton bioskop 1 kali dalam 1 bulan.

   Partikel sebagai penunjuk waktu
   Contoh:  1.5時帰ります
                   Saya pulang pada jam 5.
                  2.土曜日日曜日休みます。(Partikel と menunjukkan kata sambung dan)
                     

    Partikel   berfungsi ke / kepada
    Contoh :1. 先生聞きましょう。
                  Mari kita tanyakan kepada Sensei ( guru ).
                  2. 来月京都旅行します。
                  Saya bulan depan akan berjalan-jalan ke Kyoto.

     Partikel になります sebagai perubahan kata sifat, kata benda
     Contoh : 1. 私の兄は日本語の教師なりました。
                    Kakak laki-laki saya telah menjadi guru bahasa jepang.
                    2. 将来は研究者なります。
                   Saya akan menjadi ilmuan ( peneliti ) di masa depan.
                  3. もう8時なりましたよ。晩御飯食べましょう。
                   Sudah jam 8 malam lho. Ayo kita makan malam.

     Partikel di ( Keterangan tempat )
     Contoh : 1. はさみはあの引き出しあります。
                    Gunting ada di laci itu.
                     2. パルコさんは図書室います。
                    Paruko ada di perpustakaan.
                    3. 鍵はどこもありませんでした。
                    Kunci tidak ada dimanapun.

No comments:

Post a Comment