Saturday, December 7, 2013

Partikel Part I

Dalam tata bahasa Jepang dikenal yang namanya partikel seperti Wa (は), O (を), Ni(に) dan lainnya. Kegunaan partikel-partikel ini berbeda-beda, sebagai contoh partikel Wa (は) digunakan sebagai partikel yang menunjukkan subjek. Pada post partikel 1 ini akan dibahas kegunaan partikel wa (は) secara umum serta partikel ga ().


1. Kegunaan Partikel wa (は)
    A 
は です d
igunakan sebagai memberikan keterangan pada subjek.
          Contoh : -スミス学生です。 
                            Smith adalah pelajar.
                                             -  その辞書、昨日買いました。
                            Saya membeli kamus itu kemarin.

    ~は~は~ digunakan sebagai perbandingan yang dapat diartikan kalau dalam B.Ind.
1        Contoh : 親切ですが、父怖いです。
                   Kalau ibu ramah, tapi kalau ayah menakutkan.

    Objek Predikat Negatif ( Sebagai ganti partikel , khusus predikat negatif )
1        Contoh :    りんご(を)食べません
                    Saya tidak makan apel.
                           昨日、映画(を)見ません
                    Kemarin, saya tidak menonton film.

    Partikel 「に/へ/を」+ sebagai perbandingan.
    Contoh :
    1.いま学校へ行きますが、モールへ行きません。
    Sekarang saya mau pergi kesekolah, tapi kalau ke mall tidak mau pergi.
    
    2.毎日母に話していますが、父に話しません。
    Setiap hari saya berbicara dengan ibu, tapi kalau dengan ayah tidak.

    3.学校で勉強できますが、うちでできません。
    Saya bisa belajar di sekolah, tapi di rumah tidak bisa.

2.Partikel sebagai keterangan kata sifat, kesukaan, keinginan.
   Bentuk pola kalimat partikel ga pada umumnya
   K.Benda ~ が~ (K.Kemampuan/Keterangan/Perasaan)
  ~ Kata kemampuan : できます,上手 (じょうず),下手 (へた).
  ~Kata keterangan    :  あります, はやい,  おそい.
  ~Kata Perasaan        :  好き (すき). 嫌い(きらい).

  Contoh : 1. 犬好きです
                      Saya suka anjing.
                 2.  このレストランの食べ物高いです。
                      Makanan di restoran ini mahal.
                 3. 新しい車欲しいです
                     Saya ingin mobil baru.


No comments:

Post a Comment